Kamis, 25 April 2013

Hedging Nilai Tukar, cara untuk mempertingggi Kinerja

Resiko perubahan nilai tukar dapat di hedging dengan dua alternatif. Satu adalah dengan menggunakan instrumen keuangan yang tenornya sesuai dengan eksposure, dua dengan penggunaan instrumn hedging jangka pendek dan roll dengan hedging yang mendekati jangka waktu. Keputusan untuk menggunakan adalah berdasar pada pasar.

sebagai contoh kasus adalah bila seorang investor indonesia yang pada tanggal 1 Maret memiliki obligasi Jerman dan akan mature pada pertengahan Desember. Pada saat dibeli, obligasi tersebut pada keadaaan ekonomi bunga yang tinggi di Jerman dibandingkan dengan Indonesia dan ada kecenderungan bahwa MARK Jerman menguat. Pada tanggal 1 Maret tersebut penguatan MARK tidak bisa diharapkan lagi. Disamping tidak menariknya MARK, investor memiliki pandangan bunga di Jerman akan mengalami penurunan. Sebagai konsekuensi investor tersebu akhirnya memelihara posisi obligasnya dengan hedging jangka pendek future MARK.

Investor bisa menjual futures MARK Desember, menjual contract forward Juni, dan menggulirkannya ke September, dan akhirnya ke Desember.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar