Minggu, 14 Juli 2013

Memperkirakan Pendapatan: untuk kepentingan Penilaian

Untuk memperkirakan cashflow, kita perlu memperkirakan pendapatan terlebih dahulu. Gunakan informasi terkini dari data keuangan perusahaan misalnya, laporan keuangan 3, 4 bulanan atau 6 bulanan.
Perkiraan pendapatan versi akuntansi dan untuk kepentingan penilaian bisa berbeda. Kita akan memulai dari beban yang ada pada perusahaan yang biasanya diklasifikasikan ke dalam beberapa kategori sebagai berikut:
1. biaya operasi adalah biaya yang men"generate" benefit untuk perusahaan dalam periode saat ini. Contohnya adalah biaya membeli bahan bakar bagi perusahaan penerbangan. Tanpa bahan bakar pesawat tidak bisa terbang. Contoh yang lain adalah biaya tenaga kerja pada perusahaan otomotif,sehubungan dengan produksi kendaraan.
2. biaya kapital/ modal adalah biaya yang men"generate" benefit untuk beberapa periode. Contohnya adalah membangun pabrik baru perusahaan mobil, tentu akan menghasilkan beberapa tahun mendatang untuk pendapatannya.
3. biaya / beban keuangan, adalah biaya sehubungan dengan "non-equity capital raised by a firm" Contohnya adalah beban bunga yang harus dibayar ke bank.

Pendapatan operasi, akan diukur dengan benar jika pendapatan dikurangi dengan biaya operasi. bukan dikurangi dengan beban modal maupun beban financial.Aswath Damodaran mngeluarkan biaya riset dan pengembangan dari biaya operasi.
Akan tetapi ada juga yang mengklasifikasikan bahwa biaya administrasi dan umum sebagai beban modal dikarenakan sebagai berikut, biaya yang dikeluarkan untuk membangun kesadaran merek dari produk perusahaan, yang membuat konsumen loyal dalam jangka panjang, bisa juga biaya rekrutmen menjadi beban modal karena seperti dalam perusahaan konsultan maka perekrutan konsultan yang baik akan membawa dampak baiknya perusahaan dalam beberapa tahun mendatang.

Tetapi Aswath tetap menjadikan biaya umum dan administrasi sebagai bagian dari biaya operasi karena, 1. konsumen retail sulit untuk dipertahankan. 2. semakin perusahaan menjadi besar maka biaya umum dan administrasi menjadi naik sejalan dengan pendapatan saat ini daripada masa yang akan datang  untuk mempertahankan konsumen.

Ok. Sekarang kita beralih kepada beban keuangan yang sering oleh para akuntan masukkan dalam biaya operasi. contohnya adalah beban operating lease.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar