Rabu, 15 Mei 2013

Tourism Satisfaction Model

Eusebio & Viera
1. The better the evaluation of the destination attribute, the higher the level of satisfaction.
2. The better the evaluation of the destination attribute, the higher the likelihood of future visit.
3. The better the evaluation of the destination attribute, the higher the likelihood of recommendation.
4. The higher the level of the tourists satisfaction, the higher the likelihood of future visit.
5. The higher the level of the tourists satisfaction, the higher the likelihood of recommendation.
6. The higher the likelihood of future visit, the higher the likelihood of recommendation.

1. Semakin baik evaluasi atribut tujuan, semakin tinggi tingkat kepuasan.
2. Semakin baik evaluasi atribut tujuan, semakin tinggi kemungkinan masa depan kunjungan.
3. Semakin baik evaluasi atribut tujuan, semakin tinggi kemungkinan rekomendasi.
4. Semakin tinggi tingkat kepuasan wisatawan, semakin tinggi kemungkinan masa depan kunjungan.
5. Semakin tinggi tingkat kepuasan wisatawan, semakin tinggi kemungkinan rekomendasi.
6. Semakin tinggi kemungkinan kunjungan masa depan, semakin tinggi kemungkinan rekomendasi.

Dengan menggunakan LISREL, model ini cukup fit.
Penelitian ini penting untuk  manajemen dan marketing dan berguna bagi para praktisi.

Kepuasan wisatawan adalah hal yang penting untuk kesuksesan  strategi pemasaran wisata tujuan dan juga pembangunan ekonomi karena pengaruhnya pada pilihan, belanja, pembelian kembali dan rekomendasi kepada pihak lain seperti keluarga dan teman. 
Kepuasan wisatawan adalah reaksi emosi yang dikarenakan dari konsumsi pengalaman (Spreng, 1996). Ada juga yang menyatakan bahwa sehubungan dengan teori ekspetasi dan konfirmasi. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar